By | September 13, 2024

Cara Mengatasi Penyakit Thypus Pada AnakThypus atau tipus merupakan penyakit yang umumnya menyerang dewasa. Namun anak-anak juga rentan mengalami tipus karea faktor imunnya yang lemah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang masuk ke usus melalui makanan. Makanan yang tidak bersih memang berpotensi menyebabkan tipus. Selain itu penyakit satu ini juga mudah menular. Sebaiknya jangan terlalu sering kontak dengan penderita tipus jika tidak ingin tertular.

Penanganan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara medis maupun alami. agar penyakit ini tidak menyebar lebih luas, anda wajib menanganinya secara cepat. jika ingin menggunakan bahan-bahan alami anda bisa memilih bahan yang mengandung antibakteri agar mampu melawan bakteri penyebab tipus secara cepat. kenali apa saja gejala tipus terlebih dulu seperti demam, kejang, dll. kemudian obati dengan berbagai cara mudah yang akan diulas lebih lanjut berikut ini.

Sumber: alodokter.com

Berbagai Cara Mengatasi Penyakit Thypus Pada Anak

  1. Ramuan pepaya

Buah kaya nutrisi ini sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan serta sebagai obat tipus yang manjur. Gunakan pepaya muda untuk mengatasi masalah tersebut. caranya dengan mengupas buah tersebut dan memarutnya hingga halus. Peras parutan pepaya muda hingga menghasilkan air. konsumsi air parutan pepaya muda 2 kali sehari sampai tipus sembuh total.

  1. Kunyit

Rempah-rempah satu ini juga efektif sebagai obat alami tipus. Antibakterinya sangat baik melawan penyebab penyakit ini. selain itu kunyit juga kaya antioksidan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak. tumbuk kunyit, daun sambiloto, dan serai hingga halus. Kemudian seduh dengan air hangat dan minumlah ramuan tersebut sampai kondisi tubuh pulih kembali.

  1. Ramuan keji beling

Obat tipus satu ini juga efektif meredakan kondisi tubuh secara cepat dengan antioksidan dan senyawa antibakterinya. Rebus beberapa lembar daun keji beling hingga mendidih. Kemudian saring airnya dan minumkan ke si kecil. minum ramuan daun keji beling 2 kali sehari secara rutin untuk hasil yang lebih cepat.

  1. Daun sambiloto

Didalam daun sambiloto terdapat nutrisi yang mampu membunuh bakteri penyebab tipus. Ambil beberapa lembar daun sambiloto kemudian rebus dengan 17 gram temulawak, jintan hitam, dengan air secukupnya. Setelah mendidih, minum air rebusan daun sambiloto ini 2 kali sehari hingga kondisi tubuh membaik. Ramuan ini juga bisa dikonsumsi untuk orang dewasa.

  1. Ramuan cacing

Walaupun terkesan menjijikan namun cacing juga efektif mengatasi tipus secara cepat. cacing khusus ini berfungsi membunuh bakteri penyebab tipes tanpa membahayakan tubuh. anda bisa menggunakan cacing tanah dan dibelah hingga kering. Setelah itu tumbuh hingga halus dan campurkan dengan air hangat. Anda pun bisa mencari ramuan cacing siap minum yang biasanya sudah ditambahkan dengan rempah-rempah seperti jahe, kunyit, dll.

Demikianlah beberapa cara mudah mengatasi tipus pada anak. selain itu perhatikan kebersihan makanannya agar bakteri tipus tidak semakin parah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *