By | September 13, 2024

Cara Menyembuhkan Penyakit Gatal Pada Anak Secara AlamiGatal-gatal memang termasuk masalah kesehatan kulit yang bisa menyerang siapapun termasuk anak-anak. penyakit satu ini disebabkan infeksi bakteri dan jamur. Gatal akan semakin parah jika terus menerus digaruk. Kulit iritasi dan menimbulkan bekas luka. Sebenarnya masalah gatal tidak perlu disikapi secara panik karena mengatasinya sangat mudah. anda perlu menjaga kebersihan pakaian dan tempat tidur anak.

Selain itu gunakan ramuan rempah-rempah untuk dikompreskan ke kulit si kecil. gatal-gatal akan teratasi secara mudah jika anda menggunakan bahan alami yang memiliki antibakteri. Misalnya minyak kelapa, lidah buaya, madu, dll. selain menggunakan pengobatan dari luar anda pun mesti memerhatikan asupan nutrisinya jika gatal disebabkan faktor alergi. Dibawah ini beberapa cara mudah menyembuhkan gatal pada anak yang bisa anda coba.

Sumber: ibudanbalita.com

Cara Alami Menyembuhkan Gatal Pada Anak

Mandi air hangat

Kulit anak masih terbilang sensitif sehingga memerlukan perawatan khusus untuk mengatasi gatal. Salah satunya dengan mandi air hangat. Mandi air hangat akan membuat kulit terasa nyaman dan bakteri penyebab gatal hilang. Namun jangan memandikan dengan air terlalu panas karena akan membuat kulit kering. Mandi dengan air hangat terutama pada pagi dan sore hari kemudian pakaikan baju yang nyaman di kulit.

Kompres dengan rendaman cengkeh

Cengkeh merupakan jenis rempah yang cocok mengatasi gatal pada anak-anak. rebus cengkeh dan daun basil hingga mendidih. Setelah air menghangat dan aman untuk kulit barulah kompreskan pada kulit anak. masukan handuk bersih pada air rendaman dan tempelkan ke kulit anak. bahan ini mengandung aromaterapi yang bisa membuat anak tidur nyenyak.

Air rebusan daun mint

Selain menggunakan cengkeh, air rebusan daun mint juga efektif mengatasi gatal karena kaya senyawa menthol yang bisa memberikan rasa dingin. bahan alami satu ini akan mengurangi peradangan pada kulit dan mencegah gatal berlebihan. Kompres dengan rebusan daun mint yang telah berubah hangat sebelumnya. Lakukan secara teratur agar gatal-gatal cepat hilang.

Olesi kulit dengan minyak kelapa

Minyak satu ini memang serbaguna. Gunakan minyak kelapa murni yang kaya antibakteri dan mineral untuk kesehatan kulit. Anda pun bisa membuatnya sendiri dengan memarut kelapa kemudian memanaskannya hingga mengeluarkan minyak. Oleskan pada kulit anak yang terasa gatal. Kulit akan terasa lebih lembab dan mencegah lapisan kulit mengelupas ketika digaruk.

Olesi dengan gel lidah buaya

Gatal yang disebabkan karena pori-pori yang tersumbat juga bisa diatasi dengan gel lidah buaya. Bahan alami yang kaya vitamin E ini memiliki khasiat ampuh mengeluarkan kotoran dan menangkis bakteri berkembangbiak di pori-pori kulit. Oleskan gel lidah buaya pada permukaan kulit dan setelah mengering bilas dengan handuk yang telah dibasahi air hangat. Lakukan secara teratur agar hasilnya lebih cepat.

Baca juga: Mengatasi Penyakit Thypus Pada Anak

Selain menggunakan cara diatas, kebersihan serta jenis makanan yang dikonsumsi pun mesti dijaga agar gatal-gatal tidak kian parah. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *