By | May 2, 2017

Ada banyak tips sehat ibu hamil yang bisa kita lakukan. Tips sehat ini sangat diperlukan agar kita dan bayi kita sehat selalu di masa kehamilan hingga masa kelahiran.

Ya, masa kehamilan memang momen yang ditunggu-tunggu, apalagi jika ini adalah momen kehamilan pertama kali, tentu kita akan sangat hati-hati dan senang untuk menjalaninya.

Nah, untuk kehamilan berikutnya juga menjadi momen yang cukup dinantikan. Tentu, kita akan berusaha untuk tetap sehat selama momen hamil.

Ada banyak tips sehat ibu hamil yang bisa kita pilih untuk dipraktikan. Ya, tentu menyesuaikan dengan aktivitas yang sering kita lakukan sehari-hari, seperti menjadi wanita karier saat hamil, atau ada yang fokus menjadi ibu rumah tangga.

shutterstock.com

5 Tips Sehat Ibu Hamil yang Bisa Dicoba!

Ada 5 tips sehat ibu hamil yang bisa kita coba, sebagai berikut:

Makan Teratur

Tips sehat ibu hamil yang pertama adalah makan dengan teratur. Meskipun biasanya, saat hamil ada yang tidak nafsu makan dan bahkan mual-mual, namun makan teratiur penting untuk dilakukan.

Keadaan mual-mual dan tidak nafsu makan memang wajar dialami oleh para ibu hamil, karena memang hormon kehamilan memberi efek kepada tubuh kita seperti rasa mual, mudah letih, dan pusing.

Namun, makan dengan teratu juga sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh kita juga memerlukan banyak sumberr energi, apalagi dengan kehadiran buah hati dalam kandungan. Kita juga harus menyuplai zat gizi untuk janin yang kita kandung.

Meski mual atau nantinya dimuntahkan, kita mesti sabar untuk makan teratur. Untuk mengrangi rasa mual, kita bisa memilih makanan yang tidak berbau tajam namun tetap memiliki kandungan gizi yang cukup.

Perbanyak Konsumsi Sayur Buah

Tips sehat ibu hamil berikutnya adalah memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan yang segar. Ya, apalagi saat hamil biasanya ada yang senang dengan yang segar-segar, dan bisa menghilangkan rasa mual. Ada juga yang mengistilahkan mengidam buah mangga muda, dan lain sebagainya.

Kita bisa mengkonsumsi salad teratur, atau sayur-mayur yang segar. Jika sayuran mentah yang kita konsumsi, pastikan telah tercuci bersih, karena zat-zat yang masuk ke dalam tubuh harus lebih terjaga.

Kita juga bisa mengkonsumsi sayur yang direbus. Pastikan bahwa kita cukup membuat sayuran bening atau tanpa bahan penyedap atau pengawet, kecuali sedikit garam atau gula.

Olahraga Ringan

Olahraga ringan bisa kita jadikan sebagai tips sehat ibu hamil yang bisa kita lakukan. Tentu, olahraga ringan ini juga disesuaikan dengan aktivitas keseharian kita.jika kita senggang atau fokus menjadi ibu rumah tangga, kita bisa memulai senam pagi atau senam ibu hamil di sore hari atau rutinan di klinik, puskesmas, bahkan di rumah.

Jika kita wanita karier, kita bisa memilih jalan-jalan ringan atau senam ringan sebagai olah raga ringan. Atau menyempatkan untuk senam hamil di akhir pekan.

Tips Sehat Ibu Hamil: Rileksasi & Hindari Aktivitas Berat!

Rileksasi

Rileksasi diperlukan ibu hamil agar tidak strees. Ya, tips sehat ibu hamil yang satu ini perlu kita praktikan dengan berbagai macam relaksasi yang bisa kita pilih, seperti berlibur, yoga, spa hamil, dan sebagainya.

Hindari Aktivitas Berat

Tips sehat ibu hamil berikutnya adalah menghindari aktivitas berat. Karena, bisa menimbulkan resiko mudah letih atau keguguran saat hamil.

Jadi, yuk kita coba 5 tips sehat ibu hamil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *